KATA PENGANTAR

Pembelajaran di SMK dirancang dengan pendekatan berbasis pada kompetensi, pendekatan berbasis pada produksi dan pendekatan berbasis di dunia kerja. Pembelajaran berbasis pada kompetensi adalah pembelajaran yang ditekankan untuk membekali kompetensi secara tuntas kepada peserta didik yang mencakup aspek sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill). Pembelajaran berbasis produksi adalah pembelajaran yang ditekankan pada pemerolehan hasil belajar berupa barang jadi atau jasa sesuai dengan standar dunia industri atau dunia usaha. Sedangkan pembelajaran berbasis di dunia kerja mengarahkan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya melalui dunia kerja. Pembelajaran di dunia kerja ini, peserta didik harus melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan persyaratan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
Proses pembelajaran di dunia kerja diselenggarakan dalam bentuk kegiatan praktek kerja industri (prakerin) di dunia usaha/dunia industri yang sesuai. Pelaksanaan praktek kerja industri di SMK Negeri 1 Sumenep untuk tahun pelajaran 2010/2011 dilaksanakan selama dua bulan dari tanggal 3 Januari 2011  sampai dengan  4 Maret 2011 untuk gelombang ke 1 dan tanggal  7 Maret 2011 sampai dengan  7 Mei 2011 untuk gelombang ke 2.
Untuk memberi kemudahan bagi guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan atau monitoring dan evaluasi dan khususnya siswa dalam melaksanakan praktek kerja industri maka disusunlah program kegiatan dan pelaksanaan prakerin sebagai pegangan dalam penyelenggaraan praktek kerja siswa khususnya bagi guru pembimbing dan siswa yang bertujuan memberikan gambaran dan arahan yang jelas tentang pelaksanaan praktek kerja di dunia usha dan industri, sehingga praktek kerja di industri dapat dilaksanakan dengan terarah yang sesuai dan sejalan antara siswa peserta prakerin, instruktur di DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri, pembimbing di sekolah maupun kepala sekolah.



                                                   Sumenep, 2 Januari 2011

                                                                                     Wakasek Hubungan Masyarakat dan Industri






                                                                                    Drs.Ec.ARIS MUNANDAR, M.Pd.










DAFTAR ISI


Halaman

HALAMAN JUDUL……………………………………..................................................  i
KATA PENGANTAR………………………...................................................................  ii
DAFTAR ISI ………………………………………........................................................  iii
A. PENDAHULUAN  ......................................................................................................  1
B. PRAKTEK KERJA DI INDUSTRI ............................................................................  1
1.    Dasar Pelaksanaan Praktek Kerja Industri  ..............................................................  1
2.    Tujuan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri  ............................................................  1
3.    Persiapan dan Kegiatan Peserta Praktek Kerja di Industri ........................................ 2
a.    Bidang organisasi  ................................................................................................. 2
b.    Bidang Administrasi ............................................................................................. 3
c.    Pelaksanaan Kegiatan Praktek Kerja Industri  ...................................................... 3
d.   Sumber Dana  ........................................................................................................ 5
e.    Rencana Anggaran  ............................................................................................... 5
4.    Peranan dan Tugas Pembimbing................................................................................. 5
C. PROGRAM UMUM DAN KERJA PRAKERIN 2011................................................. 7
     1. Program Umum .......................................................................................................... 7
         a. Program Kerja Wakasek Humas ............................................................................. 8
         b. Rencana Implementasi Program ............................................................................. 9
     2. Program Kerja ............................................................................................................10
         Program Kerja Prakerin SMKN 1 Sumenep ............................................................. 10
D. PEDOMAN PENILAIAN PRAKTEK KERJA DI INDUSTRI BIDANG
KEAHLIAN BISNIS MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI .................................... 11
     1. Program Studi Keahlian Administrasi ....................................................................... 11
  Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran  ...................................................... 11


        3. Program Studi Keahlian Pemasaran ...................................................................  12
     Kompetensi Keahlian TN (Tata Niaga)  .............................................................  12
     Penialaian Aspek Teknis dan Non Teknis  .........................................................  12
        4. Program Studi Keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika)  ..................  12
     Kompetensi Keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) ............................  12
     Penilaian Aspek Teknis dan Non Teknis ..............................................................12

     E. PENUTUP ............................................................................................................. 12
Lampiran-lampiran :
1.      SK Panitia Prakerin  2010-2011
2.      Format Penilaian Hasil Pembelajaran (di sertifikat) di Industri
3.      Contoh sertifikat prakerin siswa
4.      Daftar nama pembimbing, siswa dan DU/DI tempat prakerin
5.      Format daftar hadir dan agenda/jurnal kegiatan siswa          
6.      Contoh format pembuatan laporan


BAB I

PENDAHULUAN



Praktek kerja Industri atau prakerin merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda atau dual system. Dengan pelaksanaan praktik kerja industri, secara efektif siswa mendapat kesempatan mengembangkan keterampilan kejuruan sesuai dengan studi masing–masing. Sehingga siswa diharapkan memiliki sikap profesional, mengenal etos, disiplin dan etika kerja, yang akan jadi bekal yang sangat berharga apabila terjun di dunia kerja kelak.
SMK Negeri 1 Sumenep merupakan sekolah kejuruan yang termasuk dalam kelompok Bisnis Manajemen dan Teknologi. Bisnis Manajemen dan Teknologi yang merupakan bidang keahlian SMKN 1 Sumenep memiliki 4 (empat) program studi keahlian dan 5 (lima) kompetensi keahlian. Keempat program studi keahlian tersebut terdiri dari administrasi, keuangan, tata niaga, teknik komputer dan informatika. Sedangkan kompetensi keahlian masing-masing program keahlian terdiri dari administrasi perkantoran (Apk), akuntansi dan perbankan (Ak), pemasaran (Pm), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan rekayasa perangkat lunak (RPL).

A.  Dasar dan Tujuan Prakerin
     1. Dasar pelaksanaan Praktek Kerja Industri mengacu kepada,
a.    UU No. 20 / 2003 Tentang Pendidikan Nasional
b.    PP. Nomor : 29 / 1990 Tentang Pendidikan Menengah
c.    Kep. Menaker No.: 285 / MEN / 1991 tentang Pelaksanaan Pemagangan Nasional
d.   Kebijakan Operasional Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional Propinsi Jawa Timur.
2.  Tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan prakerin adalah:
a.    Mempersiapkan tamatan yang memiliki keahlian profesional yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
b.    Meningkatkan efisien proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualiatas dan professional.
c.    Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pegalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
d.   Membentuk pola pikir dan tingkah laku mandiri yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
e.    Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri
f.     Mengembangkan dan menginternalisasikan sikap dan nilai professional

B.   Kegiatan Peserta Praktek Kerja di Industri
      Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi beberapa bidang diantaranya adalah:


1. Bidang Organisasi
Untuk mengantisipasi kegiatan Prakerin supaya dapat terlaksana dengan baik perlu dibentuk suatu organisasi penyelenggara Prakerin yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pelaksanaan Prakerin ,bidang organisasi ini langkah –langkah di ambil adalah:
a.    Struktur Organisasi


STRUKTUR ORGANISASI
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 SUMENEP

a.    Pembentukan pengurus Prakerin
1)   Surat Keputusan Kepala SMKN 1 Sumenep
2)   Membuat MOU (Memorandum of Understanding) antara DU/DI dan pihak sekolah
3)   Penetapan guru pembimbing oleh humas
4)   Penempatan siswa prakerin dilaksanakan oleh ketua program studi keahlian masing-masing dibantu oleh staf humas dan panitia.
b.    Pembentukan kelompok siswa yang akan diberangkatkan ke DU/DI
c.    Koordinasi dengan DU/DI tentang pelaksanaan prakerin
d.   Penentuan jadwal monitoring dan evaluasi oleh staf humas
e.    Evaluasi pelaksanaan bimbingan dan laporan perkembangan siswa


2. Bidang Administrasi
Dalam bidang administrasi hal-hal yang dikerjakan adalah:
a.       Bagian logistik (menyediakan kelengkapan administrasi yang di perlukan siswa)
1)   Map siswa
2)   Surat Permohonan Penempatan Prakerin
3)   Surat Pengantar Siswa Prakerin
4)   Daftar Nilai Prakerin
5)   Tata tertib Pembimbing Prakerin
6)   Surat Tugas Pembimbing
7)   Surat Penarikan Siswa Prakerin
8)   Contoh laporan prakerin
b.  Menyediakan instrumen bagi siswa.
1)   Daftar Hadir Siswa Prakerin
2)   Agenda / Jurnal Kegiatan Prakerin
3)   Catatan Konsultasi Pembimbingan (Monitoring)
4)   Tata tertib Siswa Prakerin
5)   Surat pernyataan persetujuan orang tua (bagi siswa yang melaksanakan praktek kerja industri diluar Kabupaten Sumenep)

3. Bidang kegiatan
Dalam melaksanakan kegiatan Prakerin langkah yang akan diambil adalah dengan menjalin hubungan DU/DI, serta instansi terkait yang berada di wilayah Kabupaten Sumenep dan di luar Kabupaten Sumenep. Pemilihan DU/Di tersebut disesuaikan dengan bidang  keahlian yang ada di SMK yaitu : Bisnis Manajemen dan Teknologi sesuai dengan program studi dan kompetensi keahlian masing-masing. Langkah ini dilakukan dengan membuat MOU dan realisasi pelaksanaan prakerin oleh siswa praktikan dan komunikasi guru pembimbing selaku pihak sekolah dengan pihak DU/DI

 4. Peserta Kegiatan Prakerin
Kegiatan Prakerin ini diikuti oleh siswa kelas XII dari semua kompetensi keahlian yang jumlahnya sebagai berikut :

Di Dalam Wilayah Kabupaten Sumenep

No
Kompetensi Keahlian
Jumlah
Gelombang I
Gelombang II
Kelas
Kelas
1
Administrasi Perkantoran


18-7-11 s/d 19-9-11

19-9-11s/d
19-11-11
2
Akuntansi dan Perbankan

3
Tata Niaga

4
Teknik Komputer dan Jaringan


Jumlah





b. Di Luar Wilayah Kabupaten Sumenep

No
Kompetensi Keahlian
Jumlah
Gelombang I
Gelombang II
Kelas XII gnjl
Kelas XII gnp
1
Administrasi Perkantoran
-

18-7-11 s/d 19-9-11

19-9-11s/d
19-11-11
2
Akuntansi dan Perbankan

3
Tata Niaga
-
4
Teknik Komputer dan Jaringan
-

Jumlah


5. Waktu Pelaksanaan
Prakerin dilaksanakan selama tiga bulan dengan yaitu :
A.  Di Dalam Wilayah Kabupaten Sumenep
          Gelombang I dimulai tanggal  18-7-11 s/d 19-9-11
Gelombang II dimulai tanggal  19-9-11s/d19-11-11
B.  Di Luar Wilayah Kabupaten Sumenep
Dimulai tanggal  5 April 2011  sampai dengan 4 Juli 2011


C.  Sumber Dana
Untuk menunjang pelaksanaan pendidikan sistem ganda setiap siswa dikenakan biaya. Biaya ini dipergunakan untuk seluruh rangkaian kegiatan Prakerin.

D.  Rencana Anggaran
Rencana dan Anggaran Prakerin terlampir

E.   Peranan dan Tugas Pembimbing   
1.        Pembimbing di Sekolah
1)        Mengantar dan menyerahkan peserta prakerin kepada pimpinan DU/DI atau instruktur DU/DI tempat siswa akan melaksanakan praktek
2)        Menyerahkan daftar hadir kepada instruktur DU/DI
3)        Melaksanakan monitoring dan evaluasi sesuai jadwal
4)        Mencatat segala kejadian penting selama pelaksanaan monitoring dan evaluasi
5)        Membimbing siswa prakerin dalam mengisi agenda dan jurnal, membuat laporan hasil prakerin.
6)        Menanda tangani daftar hadir dan Jurnal hasil kerja siswa
7)        Menyerahkan hasil monitoring dan evaluasi siswa prakerin kepada panitia prakerin
8)        Memberikan informasi (sosialisasi) tentang sanksi kepada siswa prakerin yang melanggar peraturan atau tata tertib dengan ketentuan.
·      Sanksi ringan oleh pembimbing  (peringatan berupa teguran)
·      Sanksi sedang oleh pembimbing (pemanggilan siswa dan orang tua ke sekolah serta memindah ketempat lain yang memungkinkan)
·      Sanksi berat oleh pembimbing dan humas (pemanggilan orang tua dan siswa dan menarik siswa dari tempat kerja dan menunda pelaksanaan prakerin)

9)        Memantau perkembangan siswa prakerin diluar jadwal bimbingan (selama pelaksanaan prakerin) terutama bagi siswa yang telah diberi sanksi.
10)    Meningkatkan hubungan kerja sama secara dinamis dalam hal masukan tentang pengembangan kurikulum dan penyerapan tamatan.
11)    Memberikan masukan penting tentang hasil pelaksanaan prakerin (relevansi program studi keahlian siswa dengan DU/DI tempat siswa praktek, alternatif DU/DI lain yang relevant untuk kompetensi keahlian siswa).
12)    Memberitahukan dan menjelaskan pembimbing DU/DI mengenai penilaian aspek teknis dan non teknis.
13)    Mengambil sertifikat dari DU/DI
14)    Menyerahkan laporan hasil prakerin siswa kepada panitia

2.        Pembimbing di DU/DI
1)   Menjelaskan dan membimbing kepada peserta prakerin tentang:
·    Latar belakang dunia industri/dunia usaha
·    Tata tertib DU/DI
·    Environment Health dan Safety yang berlaku
·    Main job dan additional job yang ada di DU/DI.
·    Ketrampilan yang sesuai dan bisa dilakukan oleh DU/DI
2)   Memonitoring kehadiran & kegiatan peserta diklat.
3)   Mengesahkan buku jurnal peserta didik.
4)   Menilai peserta didik yang terdiri dari : Aspek non teknis dan aspek teknis (terlampir).
























































                                                                                                                                                                 
                                                                                      Sumenep,   11 Januari 2011
                    Mengetahui :                                                                                          
                    Kepala Sekolah                                         Wks. Humas dan Industri

 Drs. H. MOH. TAUFIK RAHMAN,MM                Drs.Ec,ARISMUNANDAR, M.Pd,        NIP. 19660525 199203 1 012                                 NIP. 19670305 199103 1 015


G.   PEDOMAN PENILAIAN PRAKTEK KERJA DI INDUSTRI BIDANG KEAHLIAN BISNIS MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI
a.     Program Studi Keahlian Administrasi
     Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran
     Penilaian Aspek Teknis dan Non Teknis
NO.
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin



2
Kerja Sama



3
Inisiatif



4
Tanggung Jawab



5
Kebersihan



NO
ASPEK  TEKNIS



1
Menggunakan peralatan komputer/mesin ketik sesuai prosedur dan instruksi penggunaan



2
Mencatat surat masuk dan surat keluar sesuai dengan sistem buku agenda



3
Menyimpan dokumen pada odner atau filing kabinet sesuai dengan sistem yang telah ditentukan





























Jumlah Nilai




Rata-rata Nilai




b.    Program Studi Keahlian Keuangan
     Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Perbankan
     Penialaian Aspek Teknis dan Non Teknis
NO.
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin



2
Kerja Sama



3
Inisiatif



4
Tanggung Jawab



5
Kebersihan



NO
ASPEK  TEKNIS



1
Mengelola kartu piutang



2
Mengelola kartu Aktiva tetap



3
Mengelola kartu hutang



4
Menyajikan laporan harga pokok produk



5
Menyajikan laporan keuangan



6
Menyiapkan surat surat pemberitahuan pajak



7
Mengoperasikan pengolah angka



8
Mengoperasikan aplikasi komputer a akuntansi




Jumlah Nilai




Rata-rata Nilai





c.     Program Studi Keahlian Pemasaran
     Kompetensi Keahlian TN (Tata Niaga)
     Penialaian Aspek Teknis dan Non Teknis

NO.
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin



2
Kerja Sama



3
Inisiatif



4
Tanggung Jawab



5
Kebersihan



NO
ASPEK  TEKNIS



1
Pramuniaga



2
Tenaga Pemasaran



3
Pengelola Gudang



4
Kasir/ Teller



5
Tenaga Adm. Penjl & Pembl



6
Tenaga Pembelian



7
Perantara Dagang



8





Jumlah Nilai




Rata-rata Nilai




d.   Program Studi Keahlian TKI (Teknik Komputer dan Informatika)
     Kompetensi Keahlian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
     Penilaian Aspek Teknis dan Non Teknis
NO.
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin



2
Kerja Sama



3
Inisiatif



4
Tanggung Jawab



5
Kebersihan



NO
ASPEK  TEKNIS



1
Perakitan PC



2
Instalasi Sofware



3
Maintainance and repair



4




5




6




7




8





Jumlah Nilai




Rata-rata Nilai












E.   PENUTUP
Program ini masih membutuhkan penyempurnaan, oleh sebab itu saran dan kritik yang bersifat membangun dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan program yang akan datang serta dukungan dari semua pihak sangat diharapkan demi perbaikan program Prakerin yang akan datang serta tercapainya tujuan tersebut.

                                                                                                Sumenep, 11 Januari 2011
                          Mengetahui :                                                 Wks. Humas dan Industri
                        Kepala Sekolah

  Drs. H. MOH. TAUFIK RAHMAN,MM                      Drs.Ec, ARIS MUNANDAR, M.Pd.
                Pembina Tk. I
  NIP. 19660525 199203 1 012                                       NIP. 19670305 199103 1 015




REKAPITULASI NILAI PRAKERIN

Nama   Siswa  :                               Bidang Keahlian                             : Bisnis Manajemen
Tempat/Tanggal Lahir :                  Program Studi Keahlian                :Administrasi    
No. Induk    :                                  Kompetensi Keahlian                    :  Administrasi Perkantoran


NO.
ASPEK NON TEKNIS
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin
80
Tujuh puluh
Baik
2
Kerja Sama
80
Delapan puluh
Baik
3
Inisiatif
80
Tujuh puluh
Baik
4
Tanggung Jawab
90
Tujuh puluh
Baik
5
Kebersihan
80
Delapan puluh
Baik
NO
ASPEK  TEKNIS



1
Menggunakan peralatan komputer/mesin ketik sesuai prosedur dan instruksi penggunaan
80
Delapan puluh
Baik
2
Mencatat surat masuk dan surat keluar sesuai dengan sistem buku agenda
80
Delapan puluh
Baik
3
Menyimpan dokumen pada odner atau filing kabinet sesuai dengan sistem yang telah ditentukan
80
Delapan puluh
Baik


























Jumlah Nilai
650
Enam ratus lima puluh


Rata-rata Nilai
81
Delapan puluh
Baik

Kualifikasi dan Predikat Prestasi

90-100 =  A   (Lulus Amat Baik )                                  
80-89   =  B   (Lulus Baik)                                                                    
70-79   =  C   (Lulus Cukup)                                                                             
 60-69   = D   (Belum Lulus)

                                                             
                                                             Sumenep, 2011
          Pembimbing Dunia Kerja



                                                    
                                                          ..........................................................






REKAPITULASI NILAI PRAKERIN

Nama   Siswa                 :                     Bidang Keahlian                          : Bisnis Manajemen
Tempat/Tanggal Lahir  :                      Program Studi Keahlian               :  Keuangan                    
Nomor Induk                :                      Kompetensi Keahlian                  :  Akuntansi



NO.
ASPEK NON TEKNIS
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin
90
Tujuh puluh
Baik
2
Kerja Sama
80
Delapan puluh
Baik
3
Inisiatif
80
Tujuh puluh
Baik
4
Tanggung Jawab
80
Tujuh puluh
Baik
5
Kebersihan
80
Delapan puluh
Baik
NO
ASPEK  TEKNIS



1
Mengelola kartu piutang
80
Delapan puluh
Baik
2
Mengelola kartu Aktiva tetap
80
Delapan puluh
Baik
3
Mengelola kartu hutang
80
Delapan puluh
Baik
4
Menyajikan laporan harga pokok produk
80
Delapan puluh
Baik
5
Menyajikan laporan keuangan
80
Delapan puluh
Baik
6
Menyiapkan surat surat pemberitahuan pajak
80
Delapan puluh
Baik
7
Mengoperasikan pengolah angka
80
Delapan puluh
Baik
8
Mengoperasikan aplikasi komputer a akuntansi
80
Delapan puluh
Baik

Jumlah Nilai
1050
Sembilan ratus enam puluh


Rata-rata Nilai
80
Delapan puluh
Baik

Kualifikasi dan Predikat Prestasi

90-100 =  A   (Lulus Amat Baik )                                  
80-89   =  B   (Lulus Baik)                                                                    
70-79   =  C   (Lulus Cukup)                                                                            
 60-69   = D   (Belum Lulus)


       Sumenep,2011
                         Pembimbing Dunia Kerja



                                                    
                                                             ..........................................................



DAFTAR PENILAIAN UNTUK ASPEK TEKNIS

Nama   Siswa     :                       Bidang Keahlian                          :  Bisnis Manajemen         
Tempat/Tanggal Lahir  :            Program Studi Keahlian               :  Tata Niaga         
Nomor Induk                 :           Kompetensi Keahlian                  :  Pemasaran


NO.
ASPEK NON TEKNIS
NILAI AKHIR
KUALIFIKASI
ANGKA
HURUF

1
Disiplin
80
Tujuh puluh
Baik
2
Kerja Sama
80
Delapan puluh
Baik
3
Inisiatif
70
Tujuh puluh
Baik
4
Tanggung Jawab
80
Tujuh puluh
Baik
5
Kebersihan
80
Delapan puluh
Baik
NO
ASPEK  TEKNIS



1
Pramuniaga
90
Delapan puluh
Baik
2
Tenaga Pemasaran
80
Delapan puluh
Baik
3
Pengelola Gudang
80
Delapan puluh
Baik
4
Kasir/ Teller
80
Delapan puluh
Baik
5
Tenaga Adm. Penjl & Pembl
80
Delapan puluh
Baik
6
Tenaga Pembelian
80
Delapan puluh
Baik
7
Perantara Dagang
80
Delapan puluh
Baik






Jumlah Nilai
960
Sembilan ratus enam puluh


Rata-rata Nilai
80
Delapan puluh
Baik

Kualifikasi dan Predikat Prestasi

90-100 =  A   (Lulus Amat Baik )                                  
80-89   =  B   (Lulus Baik)                                                                   
70-79   =  C   (Lulus Cukup)                                                                             
 60-69   = D   (Belum Lulus)

                             Sumenep,2011
                                                Pembimbing Dunia Kerja



                                                    
                                                                              .........................................................

 
Text Box:
REKAPITULASI NILAI PRAKERIN

Nama   Siswa    :                    Bidang  Keahlian          : Teknik Informatika dan Komunikasi     
 Tempat/Tanggal Lahir  :       Program Studi Kehlian  :Teknik Komputer dan Informatika  (TKI)
Nomor Induk                          Kompetensi Keahlian   : Teknik Komputer jaringan (TKJ)

NO.
ASPEK NON TEKNIS
NILAI AKHIR

ANGKA
HURUF
KUALIFIKASI
1
Disiplin
80
Tujuh puluh
Baik
2
Kerja Sama
80
Delapan puluh
Baik
3
Inisiatif
90
Tujuh puluh
Baik
4
Tanggung Jawab
80
Tujuh puluh
Baik
5
Kebersihan
80
Delapan puluh
Baik
NO
ASPEK  TEKNIS



1
Perakitan PC
80
Delapan puluh
Baik
2
Instalasi Sofware
80
Delapan puluh
Baik
3
Maintainance and repair
80
Delapan puluh
Baik
4




5




















Jumlah Nilai
650
Enam ratus lima puluh


Rata-rata Nilai
80
Delapan puluh
Baik

Kualifikasi dan Predikat Prestasi

90-100 =  A   (Lulus Amat Baik )                                  
80-89   =  B   (Lulus Baik)                                                                   
70-79   =  C   (Lulus Cukup)                                                                             
 60-69   = D   (Belum Lulus)


                             Sumenep,2011
                                       Pembimbing Dunia Kerja


                                                    
                                                                     ..........................................................

 
DAFTAR PENILAIAN UNTUK ASPEK TEKNIS

Nama   Siswa  :                         Bidang Keahlian      : Bisnis Manajemen
Tempat/Tanggal Lahir  :           Program Studi Keahlian    : Administrasi        
No. Induk    :                             Kompetensi Keahlian    :  Administrasi Perkantoran

 

1.    Berkomunikasi secara verbal dan tertulis
2. Bahasa komunikasi dengan pelanggan (misalnya penjualan, pemasaran, menangani hubungan dengan pelanggan).
3. Membina hubungan, komunikasi profesional (misalnya keterampilan mempengaruhi/bernegosiasi)
4.    Mengetik, komputing, keterampilan teknologi informasi (misalnya word processing, spreadsheets, menangani data, email, internet)
5.    Menerapkan bilangan, menghitung
6.    Pengadministrasian, perencanaan dan kualitas kerja kerja
7.    Perakitan PC
8.    Instalasi Sofware
9.    Maintainance and repair

 
Lampiran 3 : Tata tertib peserta prakerin

Lampiran 4 : Peran dan tugas pembimbing Sekolah

1.        Pembimbing di Sekolah
1)        Mengantar dan menyerahkan peserta prakerin kepada pimpinan DU/DI atau instruktur DU/DI tempat siswa akan melaksanakan praktek
2)        Menyerahkan daftar hadir kepada instruktur DU/DI
3)        Melaksanakan monitoring dan evaluasi sesuai jadwal
4)        Mencatat segala kejadian penting selama pelaksanaan monitoring dan evaluasi
5)        Membimbing siswa prakerin dalam mengisi agenda dan jurnal, membuat laporan hasil prakerin.
6)        Menanda tangani daftar hadir dan Jurnal hasil kerja siswa
7)        Menyerahkan hasil monitoring dan evaluasi siswa prakerin kepada panitia prakerin
8)        Memberikan informasi (sosialisasi) tentang sanksi kepada siswa prakerin yang melanggar peraturan atau tata tertib dengan ketentuan.
·      Sanksi ringan oleh pembimbing  (peringatan berupa teguran)
·      Sanksi sedang oleh pembimbing (pemanggilan siswa dan orang tua ke sekolah serta memindah ketempat lain yang memungkinkan)
·      Sanksi berat oleh pembimbing dan humas (pemanggilan orang tua dan siswa dan menarik siswa dari tempat kerja dan menunda pelaksanaan prakerin)
9)        Memantau perkembangan siswa prakerin diluar jadwal bimbingan (selama pelaksanaan prakerin) terutama bagi siswa yang telah diberi sanksi.
10)    Meningkatkan hubungan kerja sama secara dinamis dalam hal masukan tentang pengembangan kurikulum dan penyerapan tamatan.
11)    Memberikan masukan penting tentang hasil pelaksanaan prakerin (relevansi program studi keahlian siswa dengan DU/DI tempat siswa praktek, alternatif DU/DI lain yang relevant untuk kompetensi keahlian siswa).
12)    Memberitahukan dan menjelaskan pembimbing DU/DI mengenai penilaian aspek teknis dan non teknis.
13)    Mengambil sertifikat dari DU/DI
14)    Menyerahkan laporan hasil prakerin siswa kepada panitia

2.      Pembimbing di DU/DI
1)   Menjelaskan dan membimbing kepada peserta prakerin tentang:
·    Latar belakang dunia industri/dunia usaha
·    Tata tertib DU/DI
·    Environment Health dan Safety yang berlaku
·    Main job dan additional job yang ada di DU/DI.
·    Ketrampilan yang sesuai dan bisa dilakukan oleh DU/DI
2)   Memonitoring kehadiran & kegiatan peserta diklat.
3)   Mengesahkan buku jurnal peserta didik.
4)   Menilai peserta didik yang terdiri dari : Aspek non teknis dan aspek teknis (terlampir)


Lampiran 5 : Penempatan siswa
Lampiran 6 : Job Deskripsi dan job spesifikasi

NO
NAMA
JOB
SPECIFICATION
DESCRIPTION
1
Drs.H.Moh. Taufik Rahman,MM.
Penanggung Jawab
Penanggung jawab terlaksananya prakerin
Mengevaluasi hasil kerja panitia
2
Drs.Ec.Aris Munandar,M.Pd.
Ketua
Melaksanakan prograam prakerin
Sosialisasi dengan DU/DI
Menentukan pembimbing dan DU/DI untuk prakerin

3
Suharman,S.Pd
Sekretaris
Penanggung jawab laporan prakerin siswa
Pemanggilan siswa bermasalah
Pengadaan seragam
Sosialisasi DU/DI luar kabupaten
Memonitor pembimbing/kunjungan
4
Drs.Moh. Suhri Shaleh
Bendahara
Penanggung jawab setifikat
Surat-surat yang berkaitan dgn DU/DI
Rekap nilai sertifikat
Memonitor pembimbing/kunjungan
5
Sujono Riyadi,S.Pd.
Dra.Hartini
Fathorrasi,S.Pd
Drs.Adi Wijaya
Ketua program studi keahlian (administrasi, akuntansi, tata niaga dan TKJ)
·      Mencari DU/DI yang sesuai dengan kompetensi keahlian siswa
·      Menempatkan  siswa yang akan praktek di DU/DI sesuai dengan kompetensi keahliannya
·   Menangani siswa prakerin yang bermasalah
·   Meminta dan mengumpulkan semua sertifikat dan laporan dari siswa pada akhir kegiatan prakerin
·   Melaporkan dan menyerahkan sertifikat dan laporan kepada ketua
·   Mencari alternatif DU/DI baru (di dalam/luar kab. Sumenep)

6
Maryono,S.Pd
Pembantu umum 1
Pengetikan penempatan siswa prakerin, surat dan lain-lain
Pengadaan daftar hadir dan jurnal
7
Erdiyanto,S.Pd., MM
Pembantu umum 2
Pengetikan penempatan siswa prakerin, surat dan lain-lain

Lampiran 7 : Rencana Anggaran Penerimaan dan Biaya Kegiatan Prakerin

Lampiran 8 : Format Kerangka Pembuatan Laporan dan contoh



CONTOH
 
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (LPP RRI) SUMENEP
TANGGAL 19 JULI 2010 SAMPAI DENGAN 25 SEPTEMBER 2010

Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir nasional (UAN)
 dan ujian akhir sekolah (UAS)


 
LOGO SMK

 
1.      LOVINTANIA FIRTILA MILLENINZA
                                            NIS. 5432/542.118 Apk.
2.      DIMADA AGUSTIRANA
NIS. 4564/897.118Apk.
3.       Lain-lain sesuai anggota kelompok


PEMERINTAH KABUPATEN SUMENEP
DINAS PENDIDIKAN
UPT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI I SUMENEP
(KELOMPOK BISNIS MANAJEMEN DAN TEHNOLOGI)
Jalan Trunojoyo 298 PO. BOX 200 Telp. 0328-664107 Fax. 0328-673517
SUMENEP




Lembar Pengesahan
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (LPP RRI) SUMENEP
TANGGAL 19 JULI 2010 SAMPAI DENGAN 25 SEPTEMBER 2010



         Pembimbing Kantor,                        Pembimbing Sekolah,



Drs. MOH. SUHRI SALEH                  H. SUHARTONO SALEH, SH                         
          NIP.                                                 NIP.
                                                          


MENGETAHUI

    Kepala SMKN I Sumenep                                  Wakasek Humas dan Industri




   Drs. H. MOH. TAUFIK RAHMAN, MM        Drs. Ec. ARIS MUNANDAR, M.Pd.
              Pembina Tk. I
    NIP. 19660525 199203 1 012                               NIP.  19670305 199103 1 015



KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis, sehingga penulisan  LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI KANTOR LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA (LPP RRI) SUMENEP dapat terselesaikan dengan baik.
            Laporan ini dapat terselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari  semua pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu dalam penyelesaian laporan ini, terutama kepada:
1.      H. Suhartono Saleh, SH, selaku pembimbing sekolah.
2.      Drs. Moh. Suhri Saleh, selaku pembimbing dudi.
3.      Drs. Ec. Aris Munandar, MPd, selaku wakasek humas dan industri.
4.      Drs. H. Moh.Taufik Rahman, MM selaku kepala SMKN 1 Sumenep.
5.      ..............................., selaku kepala LPP RRI Sumenep.
6.      Guru-guru SMK Negeri 1 Sumenep.
7.      ..............................., (dan lain-lain yang perlu disebutkan)
8.      Serta semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam proses penyusunan laporan ini.
Penyusunan laporan ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir nasional (UAN) dan ujian akhir sekolah (UAS) tahun pelajaran 2010/2011 serta sebagai bukti bahwa telah melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
                                                          
                                                               Sumenep, 4 April  2011
                                                               Praktikan,

DAFTAR ISI




HALAMAN JUDUL .............................................................................            i
LEMBAR PENGESAHAN ..................................................................           ii
KATA PENGANTAR ...............................................................................        iii
DAFTAR ISI ...........................................................................................           iv
BAB I   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ....................................................................              1
1.      Gambaran Umum Kantor ...........................................               1
2.      Struktur Organisasi Kantor ........................................               3
3.     Rekapitulasi Peralatan dan Perabotan Kantor ...............           4
4.      Kegiatan Usaha Kantor ...............................................               6
B.     Tujuan ..................................................................................               7
1.      Tujuan Pelaksanaan Prakerin ........................................             7
2.      Tujuan Pembuatan Laporan ..........................................              8

BAB II   PROSES PELAKSANAAN
A.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan ...................................................       9
B.     Alat dan Bahan .......................................................................            10
C.     Gambar Kerja ................................................................................     11
D.    Proses Pengerjaan .........................................................................     12
E.     Implementasi Keselamatan Kerja Kantor ....................................     14
F.      Hasil Yang Dicapai .........................................................................     15

BAB III TEMUAN
A.    Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat .................     16
B.     Manfaat Yang Dirasakan ..............................................................      17
C.     Pengembangan/Tindak Lanjut .....................................................      18

BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ...................................................................................     19
B.     Saran-saran ..................................................................................      19
LAMPIRAN-LAMPIRAN

A.    Agenda/ jurnal
B.     Daftar Hadir 
 
BAB I 
 PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
1.      Gambaran Umum Kantor
      Kantor Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia yang beralamat di jalan ........................ No..................Telp............. berdiri sejak tahun......... Kemudian pada tahun .......terjadi perubahan...........................................
      Akhirnya kantor ini mengalami perkembangan yang ........sampai dengan sekarang.    (Dan lain sebagainya diceritakan sejarah dan perkembangannya sampai dengan sekarang)

2.      Struktur Organisasi Kantor
(Gambarkan struktur organisasi yang ada dikantor beserta jabatan dan namanya)

3.      Rekapitulasi Peralatan dan Perabotan Kantor
(inventarisir peralatan, perabotan atau apa saja yang bisa diinventarisir atau didata) Misalnya:
PERALATAN KANTOR
No.
Nama Barang
Merek/Type
Kondisi
Jumlah
Ket.
1
stepler
MAX-10
baik
5 buah

2
dan lain-lain

















PERABOTAN KANTOR
No.
Nama Barang
Merek/Type
Kondisi
Jumlah
Ket.
1
Meja kantor
olympic
sedang
4 buah

2
Dan lain-lain












LAIN-LAIN (disesuaikan)
No.
Nama Barang
Merek/Type
Kondisi
Jumlah
Ket.

























1.      Kegiatan Usaha Kantor

Kegiatan utama pekerjaan yang ada di kantor  (uraikan)



A.  Tujuan

1.        Tujuan Pelaksanaan Prakerin

Melalui pendekatan pembelajaran ini peserta prakerin diharapkan:

a.       Mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja dan industri yang sesungguhnya.

b.      Memiliki tingkat kompetensi standart sesuai yang dipersyaratkan oleh dunia kerja dan industri.

c.       Menjadi tenaga kerja yang berwawasan mutu, ekonomi, bisnis, kewirausahaan dan produktif.

d.      Dapat menyerap perkembangan tehnologi dan budaya kerja untuk kepentingan pengembangan diri.

e.       (dan lain-lain sesuaikan dengan kantor)



2.        Tujuan Pembuatan Laporan

a.       Sebagai salah satu bentuk latihan, dalam menghadapi Uji Kompetensi pada akhir proses pembelajaran.

b.      Sebagai salah satu tugas yang diisyaratkan untuk menempuh ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian akhir nasional (UN).

c.       Menambah wawasan tentang penulisan karya ilmiah.

d.      (dan lain-lain sesuaikan dengan kantor)

BAB II
 PROSES PELAKSANAAN


A.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.    Waktu pelaksanaan prakerin dilaksanakan pada tanggal ........sampai dengan tanggal ........................
2.    Tempat pelaksanaan prakerin di kantor ................. jalan .................

B.       Alat dan Bahan
(Sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dikantor, kalau perlu dilengkapi dengan tabel seperti contoh diatas)

C.       Gambar Kerja
(Buatkan skema atau bagan kerja tugas-tugas yang diberikan di kantor/dudi)

D.      Proses Pengerjaan
(Buatkan penjelasan lengkap dari skema atau bagan kerja diatas)

E.       Implementasi Keselamatan Kerja Kantor
        Keselamatan kerja di kantor ........., sangatlah mengutamakan keselamatan kerja. Terbukti apa yang diterapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara teori maupun secara praktek, ternyata di kantor .....................lebih cenderung ke implementasi prakteknya.
        Berikut adalah penerapan keselamatan kerja di kantor ............antara lain:
a.      Adanya alat pemadam kebakaran yang ditempatkan di dinding ruangan.
b.    Gambar atau tulisan NO SMOKING
c.    Dan lain-lain (sebutkan yang berhubungan dengan penerapan keselamatan kerja yang terdapat di dudi)

F.        Hasil Yang Dicapai
       Setelah selesai kegiatan sesuai dengan yang direncanakan dan yang kami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kami capai telah selesai dan berjalan lancar meskipun terdapat kendala yang dihadapi. Kami berharap dengan adanya prakerin akan memiliki keahlian profesional sesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan SMK diharapkan mempunyai keterampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di era gobalisasi ini. (lengkapi sendiri sesuai dengan dudi)

BAB III
TEMUAN

A.      Keterlaksanaan (Faktor Pendukung dan Penghambat)
1.      Faktor Pendukung
Faktor pendukung yang ada di kantor ...........dalam pelaksanaan prakerin antara lain: (misalnya)
a.       Fasilitas peralatan yang ada di kantor sangat mendukung.
b.      Pembimbingan kepada peserta prakerin oleh pihak kantor sangat baik.
c.       Ruangan yang cukup luas.
d.      (dan lain-lain sebutkan)
2.      Faktor Penghambat
a.       Di tempat praktek kadang-kadang tidak ada pekerjaan.
b.      Kadang pihak kantor merasa terbebani dengan adanya peserta prakerin.
c.       (dan lain-lain sebutkan)

B.       Manfaat Yang Dirasakan
Melalui pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) ada beberapa manfaat yang dirasakan antara lain:
1.      Mempraktekkan teori dan praktek yang didapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
2.      Menambah wawasan dalam dunia kerja.
3.      Meningkatkan kedewasaan siswa.
4.      (Dan lain-lain sebutkan)

C.       Pengembangan/Tindak Lanjut
1.      Akan mengembangkan lagi di sekolah sesuai dengan apa yang telah didapatkan di dunia usaha dan industri.
2.      Akan mengamalkan apa yang didapatkan di tempat praktek kepada teman-teman.
3.      Mengusulkan kepada sekolah agar meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
4.      (Dan lain-lain sebutkan)

BAB IV

 PENUTUP





A.      Kesimpulan

         Pembelajaran di dunia kerja dan industri adalah suatu strategi yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar  melalui bekerja langsung pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya prakerin penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan  dunia kerja yang langsung dibimbing oleh pihak kantor.

         Bahkan kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu yang didapatkan di sekolah. (jelaskan sesuai dengan pengalaman siswa selama praktek di kantor)



A.      Saran-saran

1.      Sekolah hendaknya lebih menyiapkan lagi kemampuan siswa sebelum praktek di dunia kerja dan industri.

2.      Adanya kerjasama yang baik antara sekolah dengan  dunia kerja dan industri sehingga terjadi sinkronisasi materi yang diajarkan di sekolah dan proses pembimbingan di tempat praktek.



LAMPIRAN-LAMPIRAN



A.      Agenda (lampirkan semua)

B.       Daftar Hadir  (lampirkan semua)

C.       Album kegiatan (jika ada)
D.       (Lain-lain yang dianggap perlu)



0 komentar: